Kritik Teks / Metode Kritik Teks

Metode : metodos (Yunani) : Metode: an anquiry in to, method, system.

- 'mith' among, after
- a dos, a way after, a following after.

'Metode' dalam bahasa Indonesia berarti 'jalan / cara'. Cara memkirkan dan cara memeriksa sesuatu hal menurut rencana terntentu.

Kritik: Kritiko's: = 'able to discreen'
krith's = krites = a judge = celaan (negatif), telaah (positif): konotasi
sikap menghakimi, menghadapi sesuatu, menempatkan sesuatu sewajarnya.

Dalam filologi: mengaji / menelaah / memberikan evaluasi terhadap teks. textum.
Bahasa Indonesia: (pengertian ilmiah): tulisan yang mengandung isi tertentu.

Filologi: studi mengenai naskah lama tulisan tangan sebagai penggalan masyarakat di masa lampau.
Tujuan: untuk mengetahui dan memahami alam pikiran pendukungnya dalam berbagai segi kehidupannya di masa lampau, baik kehidupan materialnya tetapi terutama kehidupan spiritualnya.

Dalam perjalanan sejarah sebuah teks, teks diperbanyak dengan cara disalin (diturun) dalam proses penurunanan teks dalam naskah tidak menutup kemungkinan naskah telah terpapar oleh berbagai dampak dari luar yang tidak dapat dihindari. dampak historis dan kultural telah meninggalkan bekasnya pada teks sehingga ada kemungkinan isi teks telah jauh dari aslinya.

Kritik teks bertujuan: untuk mengembalikan teks kepada bentuknya yang semula dengan menelusuri kembali jejak perubahan-perubahan yang telah terjadi dan menempatkannya sesuai dengan tujuan edisi teks yang menjadi hasil akhir penelitian.

Secara singkat dapat disimpulkan bahwa dasar-dasar kritik teks adalah:
1. teks-teks yang sampai pada kita bukanlah teks asli yang ditulis pengarang;
2. teks-teks telah mengalami kerusakan oleh karena usianya dan kerentanannya terhadap iklim;
3. dalam transmisi berkali-kali dari zaman ke zaman dapat terjadi perubahan disengaja atau tidak disengaja.

Kadang istilah teks dengan naskah dikacaukan.
Teks: kandungan naskah.
Naskah: dari bahasa Arab (etimologi): nasaka:
1. karangan dsb yang asli, tulisan tangan kopi (salinan);
2. lembar (eksemplar);
3. rancangan.

manuskrip / manuscriptum (latin) a thing written by the hand.

metode kritik teks berkembang di German di lingkungan ahli ilmu-ilmu bahasa klasik.
Klasik: identik dengan Yunani dan Latin. Orang Eropa tertarik kejayaan jaman Yunani, bahasa Yunani tidak hidup lagi, akibatnya istilah-istilah dalam filologi berasal dari kedua bahasa tersebut.

Buku-buku metode kritik yang ditulis dalam bahasa Indonesia belum pernah ada. Lalu bagaimana?
Caranya dapat dilakukan dengan memahami bagian pendahuluan berbagai edisi teks, terlebih teks yang dijadikan disertasi.
Mengapa? karena dalam pendahuluan edisi teks selalu mengandung metode penyajiannya yang telah mengalami dampak budaya dalam penurunannya.

Salah satu akibat dari kerentanan naskah terhadap iklim ialah: naskah-naskah yang kini kita miliki tidak ada yang bersifat otograf (tulisan pengarang sendiri), semua merupakan salinan bahkan sering kali yang kesekian kalinya. Maka bila ada lebih dari satu naskah yang mengandung teks yang sama dapat disimpulkan bahwa teks yang sama pasti diturunkan oleh suatu induk atau arketip yang sama, dan tidak mungkin teks-teks yang sama dalam berbagai naskah terwujud sendiri lepas satu sama lain. Semua naskah atau varian dari satu teks itu merupakan satu keluarga dan oleh karena itu perlu dibandingkan guna menetapkan yang mana yang paling dapat dipercaya sebagai yang paling dekat dengan aslinya. Masing-masing teks dapat memberi informasi mengenai wujud asli teks yang kini mungkin sudah tidak asli lagi. Melalui perbandingan teks mungkin dapat diketahui bentuk teks yang benar dan variasi-variasi yang telah timbul sepanjang sejarah teks itu. Tugas seorang fillolog adalah mengungkapkan seluk beluk teks agar nanti jelas naskah mana yang menurutnya mengandung teks yang terbaik. tugas filolog tidak mudah, perlu ketekunan, dan njelimet. Disamping diperlukan berbagai sumber pengetahuan lain agar pekerjaan yang njelimet yang telah dilakukan dengan menerapkan kritik teks ini dapat dimanfaatkan oleh kalangan yang lebih luas, filolog perlu menuangkan hasil penelitiannya dalam suatu edisi teks. Pilihan teks mana yang akan disunting dan diterbitkan didasarkan pada kritik teks yang dilakukannya.

Selanjutnya tentang Kritik Teks (1)  

0 Responses to “Kritik Teks / Metode Kritik Teks”: