Belajar Merajut: Berkreasi Sambil Bergaya Trendi



    Merajut, secara umum kegiatan ini menimbulkan dua kesan yang berbeda. Kegiatan membosankan yang kebanyakan dilakukan nenek-nenek untuk mengisi waktu luang, atau justru kegiatan kreatif yang menghasilkan karya bernilai tinggi.

    Buku Rajutan untuk Pemula, Tampil Trendi dan Menawan dengan Kreasi Buatan Sendiri karya Tatha Phang ini menonjolkan sisi yang kedua. Rajutan ditampilkan sebagai karya yang trendi dan fashionable, sehingga menimbulkan kebanggaan dalam menggunakan hasil karya rajutan, apalagi bila benda-benda tersebut adalah hasil karya sendiri.

    Bagian pertama yang dibahas adalah pengertian merajut. Ada dua persepsi yang berkembang pada masyarakat Indonesia tentang merajut, pertama adalah knitting, yakni merajut dengan dua jarum, dan crochet, merajut dengan satu jarum. Buku ini membahas cara merajut yang kedua, yakni crochet atau yang dikenal dengan istilah 'merenda'.

    Setelah jelas tentang kegiatan yang dilakukan, penjelasan selanjutnya adalah tentang keperluan merajut, yakni bahan dan alat. Kemudian dijelaskan langkah-langkah dasar merajut. Materinya dilengkapi dengan gambar yang jelas dan dijabarkan dengan baik sehingga mudah dimengerti. 

    Setelah menjelaskan langkah dasar membuat rajutan, buku ini menerangkan tentang cara penulisan pola rajutan yang biasa digunakan secara umum, yakni dengan narasi atau diagram dengan simbol-simbol sesuai standar. Dengan demikian, setelah selesai mempelajari cara merajut dari buku ini, pembaca dapat belajar membuat berbagai karya dengan mempelajari pola dari berbagai sumber. Walaupun begitu, buku ini juga memberikan contoh pola yang dapat dicoba oleh pemula untuk membuat bermacam jenis karya dengan pola berbentuk diaram, narasi, dan dilengkapi dengan foto hasil jadi. Pola-pola tersebut adalah karya asli penulis.

    Terakhir, sebagai gambaran setelah bisa merajut, disertakan pula cara mengukur harga karya rajutan. Dengan demikian setelah bisa merajut, pembaca mendapatkan ukuran yang jelas untuk menghargai karya rajutnya bila akan digunakan dalam bidang materi.

    Secara fisik, kualitas buku ini tergolong baik. Cetakan, jenis kertas, maupun teknik layout dan fotografinya jelas dan menarik. Sehingga secara isi maupun fisik buku ini dapat dikatakan memuaskan.


    Data buku:
    Judul
    : Rajutan untuk Pemula
    Penulis
    : Tatha Pang
    Penerbit
    : Puspa Swara
    Tahun terbil
    : 2007
    Jumlah halaman
    : vi + 86 hlm
    ISBN
    : 9789791481472
    Harga
    : Rp 37.000,-

1 Response to “Belajar Merajut: Berkreasi Sambil Bergaya Trendi”:

  1. Unknown says:

    Sharing yang sangat bermanfaat, saya yakin masih banyak yang belum paham dengan rajut.