Bebaskan Diri dari Iklan Internet (yang) Mengganggu

Huff... rasanya agak berat sekaligus lega harus menuliskan topik ini. Pasalnya, pada dasarnya saya mengerti tentang kebutuhan usaha setiap orang untuk memperkenalkan produk dan atau jasanya pada masyarakat luas. Sayangnya kebutuhan ini terkadang dilakukan dengan berlebihan. Contoh kecilnya, sudah beberapa lama saya bersabar dengan banyaknya iklan yang menutupi hampir setiap halaman yang saya buka di browser kesayangan, Chrome.

Iklan memenuhi sisi kiri, dan bawah halaman.
Setiap kali berselancar membuka berbagai halaman di internet, browser saya dipenuhi iklan. Sisi kiri dan bawah halaman penuh dengan pop-up iklan. Awalnya saya bersabar dengan mengklik tombol 'X' (close) di setiap jendela pop-up, tapi begitu membuka halaman lain muncul lagi beberapa iklan yang sama. Capek harus berkali-kali menutup jendela iklan, akhirnya saya biarkan saja. Ternyata keputusan saya keliru, iklan-iklan itu muncul di hampir setiap halaman. Dan lagi, sering kali saya mengklik sebuah tautan di halaman, yang muncul malah halaman iklan...ternyata persoalan ini semakin mengesalkan. Saatnya untuk bertindak.

Saya mulai mencari cara menghilangkan iklan ini. Ternyata googling membuahkan hasil. Banyak orang mengalami masalah yang sama telah berbagi solusi menurut pengalaman mereka. Saya menemukan solusi pada blog ini. Cara menghilangkan iklan di browser Chrome ternyata adalah dengan menginstal AdBlock. Software ini dapat memfilter atau mem-block iklan yang muncul di setiap halaman.

Jumlah iklan yang diblock berdasarkan keterangan AdBlock
Caranya dengan masuk ke menu 'Setelan' pada Chrome, lalu pilih menu 'Ekstensi', dan klik 'dapatkan ekstensi lainnya'. Pada jendela yang muncul, ketik saja 'adblock' di kolom pencarian. Akan muncul beberapa pilihan, saya memilih AdBlock, AdBlock plus, dan AdBlock untuk Youtube. Kalau diperlukan ada juga ekstensi untuk memblok iklan di facebook dan website lainnya. Caranya dengan mengklik '+Gratis' di masing-masing pilihan ekstensi yang akan dipasang.

Hasilnya, iklan-iklan langsung hilang dari halaman browser. Perincian dari AdBlock menunjukkan jumlah iklan yang 'diatasi' dari sebuah halaman dan total iklan yang sudah berhasil diblok secara keseluruhan. Jumlahnya dalam satu halaman bisa lima sampai tujuh iklan. Dan sejak pemasangan hingga lima menit kemudian (sekitar lima kali loading) sudah terjaring 95 iklan! Terlalu banyak untuk dibiarkan.

Merasa sangat tertolong dengan AdBlock, saya pun memberi rating 4 pada revieunya. Pasalnya terkadang masih ada satu - dua iklan yang lolos, dan saat dicoba menggunakan fasilitas 'Blok sebuah iklan pada halaman ini', malah seluruh isi halaman hilang. Beruntung bisa diatasi dengan fasilitas 'Bekukan AdBlock'. Meskipun begitu, tetap saja secara keseluruhan fasilitas AdBlock dari google sangat membantu. Sekarang saya bebas dari 'iklan tanpa permisi' di browser saya.

4 Responses to “Bebaskan Diri dari Iklan Internet (yang) Mengganggu ”:

  1. Nasibnya kok sama to, mabk sama saya. Kalo menurut temen yg jago si, musti dibersihin. Adblock aja ga cukup
    Ini cerita saya: http://hidupdiseputarku.blogspot.com/2013/12/iklan-pop-up-yang-menyesatkan.html

  2. MAsalah bisa jadi postingan ya mbak hehhe

  3. Kalo pernah ga sengaja nge-klik, komputernya juga mesti "dibersihka" mbak.

  4. Ibunya Hana: wah, bener nih Mbak.. udah mulai kebobolan satu iklan...hiks

    Mbak Nunu: hehe, belajar update nih... :-)