Perkedel Kentang tanpa Telur

Perkedel tanpa telur matang (kiri) dan yang belum dilapisi larutan tepung kanji (kanan)
Sejak si kecil Naja usia satu tahun, makannya sudah bisa mengikuti makanan orang dewasa. Masaknya jadi lebih mudah karena nggak perlu nyiapin dua menu lagi. Tapi tantangan lain mulai datang. Semua masakan harus disesuaikan dengan kondisinya yang alergi telur, ayam, dan ikan laut. Jadi bingung sendiri mau masak apa selain tempe, tahu, daging merah, dan ikan tawar. Sudah lama nggak masak perkedel dan bakwan jagung juga karena harus ada telur untuk perekatnya.

Tapi ternyata, mudik lebaran membawa berkah. Jadi dapat pencerahan dari budhe di Malang yang jago masak, tentang tips memasak perkedel kentang tanpa menggunakan telur. Ternyata mudah sekali... tinggal ganti telur dengan larutan tepung kanji. Jadi, kentang yang sudah dibumbui dibaluri dengan larutan tepung kanji. Komposisinya saya pakai kira-kira saja, sekitar 1 sdm tepung kanji dengan 3 sdm air.

Awalnya pertama kali nyoba perkedelnya masih sering hancur. Lalu belajar dari tips membuat kue yang adonannya lunak, sebelum digoreng adonan perkedel kentang yang sudah dibentuk disimpan dulu di dalam kulkas. Sekitar 1 - 2 jam sudah cukup. Baru kemudian perkedel kentang siap dibaluri dengan larutan tepung kanji dan digoreng.

Tips larutan tepung kanji dan kulkas ini bisa bikin perkedel kentang jadi renyah di luar dan tetep utuh waktu digoreng. Berguna banget buat alternatif lauk untuk yang alergi telur. Resep lengkapnya nggak perlu diposting ya.. banyak banget variasi bumbunya, sesuai selera saja.

2 Responses to “Perkedel Kentang tanpa Telur”:

  1. Wah boleh dicoba nih tips masaknya.. saya suka ma perkedel.. :D

  2. Sip Mbak.. selamat mencoba, perkedel juga jadi list lauk kesukaan keluarga lagi sejak tau tips ini.
    Makasih sudah berkunjung.. :-)